Badan Legislatif Mahasiswa Fakultas Hukum UMRI Gelar Sekolah Legislatif

Pekanbaru (Umrinews) – Tidak tanggung-tanggung, Badan Legislatif Mahasiswa (BLM) Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) menghadirkan 4 tokoh besar hadir sebagai Narasumber dalam kegiatan Sekolah Legislatif pada Sabtu (29/6) pagi di Auditorium Gedung Rektorat Umri.

Kegiatan yang dibuka Rektor Umri ini bertajuk “Pembentukan Karakter Kepemimpinan Calon Legislator Milenal yang Produktif, Tanggap dan Solutif Sesuai Dengan Ultimatum Zaman”. Sebagai pelaksanakan kegiatan BLM FH Umri mengundang Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau H. Hardianto, SE., MM, Ketua Forum Pemuka Masyarakat Riau (FKPMR) Dr. drh. H. Chaidir, MM, Anggota DPD RI Dr. Hj. Misharti, S.Ag., M.Si, serta Hotman Parulian Siahaan, SH., MH Koordiantor Komisi Yudisial Penghubung Wilayah Riau masing-masing sebagai pemateri dalam pelatihan tersebut.

Disebut Wakil Dekan FH Umri Dr Saut Maruli Tua Manik SHI SH MH, pihak Fakultas sangat mengapresiasi langkah BLM FH Umri karena menginisiasi kegiatan sarat ilmu seperti ini. “Mereka datang, minta arahan karena mereka ingin tahu terkait dunia legislatif, bagaimana cara membuat peraturan perundang-undangan, prosedur dan pelaksanaannya, maka mereka laksanakan kegiatan ini, apalagi sekarang tahun pemilihan maka acara ini semakin menarik,” sebutnya. Ini juga merupakan kegiatan lanjutan dimana di tahun sebelumnya sudah pernah dilaksanakan kegiatan serupa.

Pemilihan narasumber pun berdasarkan pengalaman yang luas dari seluruh narasumber terkait tema yang diperbincangkan dalam sekolah legislatif ini. “Pak Chaidir ini pengalamannya luar biasa, pernah menjadi ketua DPRD selama 2 periode, sekarang juga menjadiKketua perkumpulan tokoh masyarakat. Pengalamannya tentu memberi pandangan yang berbeda baik dari masa beliau dulu maupun masa sekarang,” sebutnya.

Pemahaman mengenai pengaruh legislatif di pusat maupun hubungan dan pengaruhnya ke daerah juga secara luas disampaikan oleh Dr. Hj. Misharti, S.Ag., M.Si sebagai anggota DPD RI. “Beliau memiliki peranan legislatif di pusat, kemudian bagaimana pengaruhnya di daerah, tentu ada prosedurnya ada prosesnya, inilah yang ingin kita gali dari beliau,” jelas Saut.

“Kemudian Pak Hardianto merupakan Wakil Ketua II DPRD Riau yang sekarang masih menjabat dan terpilih kembali sebagai dewan. Tentunya sebagai dewan memiliki pengalaman mengenai proses legislasi disaat ini, ini merupakan wawasan yang penting bagi adik-adik calon legislator masa depan,” ujarnya.

Posisi Hotman Parulian Siahaan, SH., MH sebagai Koordinator Komisi Yudisial juga dinilai akan memberikan ilmu mengenai proses legislatif yang melengkapi pemahaman peserta. “Sebagai pengawas hakim, orang yang melaksanakan undang-undang bisa memberi pandangan lain terkait proses Legislatif, jadi ada check and balance dari seluruh sisi yang terkait Legislatif,” tutupnya.

Terkait kegiatan ini, Rektor Umri Dr H Saidul Amin MA sangat mengapresiasi. Dalam sambutannya sekaligus membuka acara, Rektor berpesan kepada seluruh mahasiswa yang hadir agar bisa menyerap wawasan seluas-luasnya dari seluruh pembicara. Terlebih lagi, Saidul menilai kegiatan seperti ini sangat penting karena begitu banyaknya anggota dewan yang sudah kehilangan karakter pemimpinnya.

“Maka dari itu kepada adik adik, galilah ilmu sebanyak-banyaknya dari forum ini. Adik-adik beruntung bisa bertemu dan sharing bersama tokoh-tokoh besar ini, mereka ini adalah orang-orang biasa yang pengaruhnya sangat luar biasa,” tutup Rektor. (Bang Upi)