Wakil Rektor III UMRI, Membuka Dan Melepas Mahasiswa Mengikuti Program Penguatan Kapasitas Ormawa

Pekanbaru (Umrinews) – Seolah berpacu untuk lebih baik dari sebelumnya, Tim Pengembangan Prestasi Mahasiswa (TPPM) Universitas Muhammadiyah Riau kembali menggelar program Pembekalan Tim Mahasiswa Program Penguatan Kapasitas Ormawa (PPK Ormawa) pada Sabtu (29/6) pagi di ruang RA 28 kampus Umri. Menjadi pemateri, TPPM mengundang Sri Fitriya Retnawati SSi MT yang sendirinya pun sudah memiliki pengalaman yang luas terkait program PPK Ormawa ini.

Sejurus dengan yang disampaikan oleh ketua TPPM Umri, Ari Andriyas Puji ST MT dalam laporannya pagi itu, pembekalan tahun ini adalah bentuk semangat TPPM dalam menambah kualitas Umri dalam ajang prestasi mahasiswa tersebut. Tercatat Umri berhasil menambah sejumlah proposal yang didanai, di mana di tahun 2024 Umri berhasil meloloskan sebanyak 4 proposal yang di danai dibandingkan tahun lalu yang hanya ada 2 proposal.

Proposal ini adalah hasil dari tangan Himpunan Mahasiswa (HIMA) prodi Humas, Biologi, Pendidikan IPA dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fikom dengan supervisi dari dosen pembimbing masing-masing. Untuk menjalankan program proposalnya secara baik, tim Ormawa tersebut didukung dengan dana yang terbilang tidak sedikit, “kalau ditotal kira-kira pendanaan kita tahun ini senilai 116 juta rupiah, kira-kira hampir 30 juta rupiah per kelompoknya,” sebut Ari.

Kegiatan pembekalan ini sebut Ari, diharapkan menjadi ajang belajar bagi Ormawa terpilih agar bisa melaksanakan programnya secara efektif. “Dengan total pendanaan yang besar, tentu diharapkan ada implikasi positif kepada mitra kerja sama, apa programnya, apa luarannya, tentu harus memberikan dampak yang langsung agar membawa manfaat sekaligus apresiasi dari mitra masing-masing” sebutnya.

Selain itu dengan adanya pembimbing yang sudah berpengalaman membawa kelompok menjuarai ajang yang sama, harapannya kelompok yang ada saat ini bisa kembali menjuarai ajang puncak nantinya. Namun disampaikan Wakil Rektor III Umri Dr Jufrizal Syahri MSi, pengalaman pembimbing bukan hanya faktor yang mempengaruhi hasil akhir program ini, “kita tentu berharap pembimbing bisa memberikan arahan hingga proposal ini bisa menjuarai, tapi hasil akhirnya juga tidak lepas dari kerja keras teman-teman satu kelompok yang melaksanakan program ini” ujarnya.

Terkait program PPK, Jufrizal juga menyadari betul bahwa pelaksanaannya sangat erat dengan masyarakat, “PPK Ormawa ini berbeda, karena dalam pelaksanaannya harus berinteraksi penuh kepada masyarakat,” sebutnya.

Untuk itu, Wakil Rektor III berpesan agar terus menjaga sikap selama pelaksanaannya. “Ada norma yang dijunjung tinggi dalam masyarakat, maka kita juga harus melaksanakannya sesuai norma yang berlaju tersebut,” ujar Jufirzal. Dia juga meminta agar ketika turun ke lapangan, Ormawa tetap menjaga marwah Umri dengan terus menjaga dan membawa nilai-nilai Islami kemanapun melangkah.

Menutup sambutan, Jufrizal juga berpesan agar mahasiswa tidak lengah dengan adanya program ini. “Teman-teman harus disiplin, harus bisa manajemen waktu karena program ini berjalan bersamaan dengan perkuliahan. Buatlah time schedule semaksimal mungkin,” sebutnya.

Pembekalan ini sekaligus menjadi momen pelepasan tim Ormawa oleh Wakil Rektor III. Sebanyak 4 orang mahasiswa ketua kelompok Ormawa tersebut dipakaikan Jaket Almamater sebagai simbolis pelepasan Universitas kepada tim pembekalan. (Bang Upi)