Workshop Kurikulum Prodi PGMI Umri, Tingkatkan Kompetensi di Era Perkembangan Teknologi


Pekanbaru (Umrinews) - Program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Studi Islam Universitas Muhammadiyah Riau (FSI Umri) menggelar kegiatan Workshop Kurikulum pada Senin (22/5/2023) pagi bertempat di Gedung AR Sutan Mansur Kampus Utama Umri.

Dekan Fakultas Studi Islam, Dr Santoso SS MSi mengatakan kegiatan ini ditaja guna meningkatkan kompetensi serta pengembangan kurikulum bagi tenaga pendidik agar mampu menyesuaikan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan. "Pendidikan saat ini mengalami sebuah transformasi dari sebuah jasa yang saat ini sudah berkembang menjadi sebuah environment produksi terkait prestasi dan luaran," katanya saat memberikan sambutan pada acara workshop.

Lebih lanjut, Santoso berharap dengan adanya workshop ini dapat merubah kembali suasana pembelajaran karena menurutnya proses belajar mengajar berubah setelah pandemi Covid-19. "Kita perlu mempersiapkan kurikulum dengan waktu yang secepat-cepatnya dan menyesuaikan dengan era perkembangan teknologi dan diharapkan agar kemudian bagaimana kita bisa melahirkan lulusan yang berkarakter yang memang siap pakai serta sadar bahwa kita harus berubah," lanjutnya.

Turut hadir dalam workshop ini Wakil Rektor 1 Dr Wirdati Irma SPd MSi. yang dalam dalam arahannya menyebut dengan munculnya teknologi dan saat ini Indonesia telah masuk ke era 5.0 maka perlu adanya peningkatan kurikulum. "Perlu kita cermati, diawal anak-anak kita lebih cerdas dalam teknologi tentunya ini menjadi dilema bagi kita dan bagaimana kita dapat menerapkan kurikulum, tapi mari kita giring anak kita kepada kurikulum yang cocok untuk mereka," sebutnya saat membuka acara workshop. 

Kemudian Irma juga berharap, agar kegiatan seperti ini dapat terus berjalan karena dari tingkat paling bawah kunci untuk mendidik generasi bangsa. "Kurikulum yang tadinya mengambang, dengan acara ini nantinya bisa terjawab, dan untuk diketahui Umri akan membuka salah satu prodi lagi yang saat ini sedang disiapkan yakni Prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir," pungkasnya.

Ketua Prodi PGMI, Dr Deprizon MPdI berharap, para tenaga pendidik dapat memberikan sumbangsih berupa pemikiran untuk kurikulum PGMI. "Jumlah dosen kami saat ini ada 6 orang dan hadir juga beberapa mahasiswa yang nantinya akan menjadi calon guru dan kita harapkan untuk bisa bersaing dengan kompetensi yang dimilikinya," harapnya. (Nurwalidain)