Program Studi Perbankan Syariah Umri Selenggarakan Olympiade dan Kuliah Umum

Pekanbaru (Umrinews), Dekan Fakultas Studi Islam Universitas Muhammadiyah Riau (FSI Umri) Dr Santoso SS MSi Rabu, (25/01/2023) membuka Olympiade dan Seni  yang digagas Program Studi Perbankan Syariah. Kegiatan tahun ini mengusung Tema Best Generation by Banker Olympiad yang pembukaannya ditandai dengan pelepasan balon ke udara. 

Turut hadir dalam acara pembukaan tersebut Wakil Dekan FSI Umri Wahyi Busyro MSy, Ketua Program Studi Perbankan Syariah  Putri Jamilah SE Sy MEK, Perwakilan Rotte Bakery Pekanbaru sebagai sponsor dan Dosen dilingkungan FSI Umri serta tamu undangan lainnya.

Dekan FSI Umri Dr Santoso SS MSi dalam arahannya mengakatan bahwa Fakultas menyambut baik dilaksanakannya kegiatan Olympiade Perbankan Syariah ini, diharapkan dengan kegiatan ini dapat merubah pemahaman dan paradigma masyarakat dalam hal menabung. 

“Dalam Islam, terminology Perbankan Syariah ini sudah ada sejak lama, dimana dalam sejarahnya mimpi  dari seorang Raja ditakwilkan oleh seorang pemuda bernama Yusuf serta cerita karun dengan limpahan harta dan kekayaannya. Intinya dalam Islam orang kaya bukanlah orang yang seberapa banyak menumpuk hartanya, tetapi orang kaya adalah diukur dari seberapa banyak memberikan manfaat dan uluran tangan kepada sesama yang membutuhkan”, ujar Santoso.

Sementara, Rotte Bakery Pekanbaru yang diwakili oleh Raju selaku sponsor kegiatan menyampaikan, bahwa Rotte sangat mendukung acara yang diselenggarakan Prodi Perbankan Syariah ini, titik poinnya adalah Syariah. “Rotte berkomitmen dalam membangun usaha semata mencapai Ridha Allah melalui ketaatan menjalankan ibadah sesuai dengan yang disyariatkan, salah satunya Rotte menerapkan Shalat berjamaah diawal waktu dan menutup sementara layanan selama pelaksanaan shalat”, kata Raju.

Lebih lanjut, Raju juga mengatakan “Bahagian yang terpenting dalam membangun usaha harus sesuai dengan syariat Islam yang merupakan perwujudan dalam menegakan ekonomi Islam sehingga dapat memberikan manfaat bagi ummat, bukan berorientasi pada profit atau keuntungan pengusaha semata”, tegas Raju.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Program Studi Perbankan Syariah Putri Jamilah SE Sy MEK menyampaikan bahwa kegiatan ini berlangsung selama tiga hari (25-27/1/2023) yang dipusatkan di halaman kampus utama Umri. Pada kegiatan Olympiade Perbankan Syariah akan dilombakan perlombaan karya tulis ilmiah, cerita pendek, kaligrafi, cerdas cermat, dan lomba fashion grooming, yang diikuti oleh peserta dari SMA, SMK dan Perguruan tinggi yang ada di Riau serta Provinsi lainnya.

“Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang diadakan oleh Prodi Perbankan Syariah FSI Umri, yang bertujuan sebagai sarana Silaturrahim, mengasah sofskill dan implementasi kerjasama baik dengan SMA, SMK serta Perguruan Tinggi lainnya. Adapun perlombaan ini tingkat Nasional dan diikuti oleh beberapa PT diluar Riau. Selain perlombaan olimpiade kegiatan ini juga dilaksanakan dengan bazar UMKM dan diakhir kegiatan akan dilaksanakan kuliah umum” ujar Putri Jamilah.

Untuk terlaksananya kegiatan, pihak FSI Umri menggandeng beberapa perubahan dan mitra anatar lain Bank Riaukepri Syariah, Rotte, Syrup Kurnia serta produk dan instansi lainnya.