Tim Audit Kemendikbud Ristek Pastikan Beasiswa KIP-K Umri Tepat Sasaran

Pekanbaru (Umri) - Dalam rangka tertib administrasi, transparasi dan akuntabilitas pengolalaan angaran beasiswa Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K) tim Audit Kinerja Kemendikbud Ristek melakukan monitoring evaluasi (Monev) ke Universitas Muhammadiyah Riau. Monev tersebut diikuti oleh 25 perwakilan penerima manfaat KIP-K Umri pada Kamis (17/11/22).

Dalam kegiatan itu, Tim Monev Kemendikbud Ristek yang dipimpin oleh Pengendali Mutu Indah Setiawati diikuti oleh Sri Cahyaningsih sebagai pengendali teknis dengan masing-masing anggota Raden Mokhamad Isa Mahdi, Siti Rohimah dan Wono Suselo. Sedangkan dari pihak Umri disambut oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr Wirdati SPd, MSi, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Pembinaan Al Islam Kemuhammadiyahan dan Kerjasama, Dr Jufrizal Syahri MSi dan Direktur Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan Dr Jupendri SSos MIKom.

Wakil Rektor I dalam keterangannya menjelaskan "Tahun ini kita mengalami penurunan dari segi jumlah penerima KIP-K. Kita akan terus berupaya meningkatkan kuantitasnya dan mengarah kepada penerima tepat sasaran. Sementara itu untuk implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) kita mengalami peningkatan" ucap Irma.

Senada dengan Warek I, Indah Setiawati mengatakan hal serupa. "Kami ingin memastikan bahwa program ini tepat sasaran, tepat jumlah, tepat waktu dan tepat pertanggung jawaban. Selain itu dalam pelaksanaanya agar efektif, efisien dan akuntable sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku," jelas Indah.

KIP Kuliah merupakan bantuan pendidikan perkuliahan yang bertujuan membebaskan pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi dan biaya kuliah atau pendidikan. Tidak hanya itu, mulai tahun akademik 2021/2022 pemilik KIP kuliah juga akan mendapat bantuan biaya hidup yang besarannya berbeda-berbeda. 

Di Umri sendiri, jumlah mahasiswa reguler yang mendapatkan program KIP-K tahun 2021 sebanyak 277 mahasiswa dari berbagai prodi. Sedangkan tahun ini, 110 mahasiswa berhasil lolos untuk mendapatkan program serupa.