Rektor Umri Lantik 8 Dekan dan 2 Pejabat Struktural

Pekanbaru (Umri) - Berpusat di Gedung KH Ahmad Dahlan, Rektor Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) Dr H Saidul Amin MA melantik delapan Dekan dan dua pejabat struktural di lingkungan Umri periode 2022-2026. Helat pelantikan itu dilaksanakan pada Selasa (15/11/22) siang.

Kedelapan Dekan yang dilantik diantaranya  Dekan Fakultas Tekhnik Dr Indra Hasan MT, Dekan Fakultas MIPA dan Kesehatan Prasetya MSi, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Mizan Asnawi SE, MEc Dev, Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Jayus SSos MIKom, Dekan Fakultas Ilmu Komputer Doni Winarso MKom, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pratama Benny Herlandy MPd, Dekan Fakultas Ilmu Hukum Raja Desril SH MH, dan Dekan Fakultas Studi Islam Dr Santoso MSi. Sedangkan pejabat struktural yaitu Direktur Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan Dr Jupendri SSos MIKom dan Ketua Lembaga Al-Islam Kemuhammadiyahan Afdhal SUd MPI.

Rektor Umri dalam sambutannya menjelaskan peran Dekan tidak hanya memimpin, tapi memikirkan kemajuan Fakultas kedepannya. "Anda adalah pemimpin, maka tugasnya adalah memberi contoh dan merangkul. Untuk itu rangkul semua potensi yang tersedia di Fakultas anda dan dimanfaatkan untuk kemajuan Fakultas. Sehingga pada akhirnya akan berorientasi pada akreaditasi yang unggul," tegas Saidul Amin.

Pada kesempatan tersebut, Rektor Umri juga memaparkan sejumlah capaian yang telah dilaksanakan sepanjang tahun berjalan. Dipaparkan pula progres program lainnya yaitu membangun kerjasama internasional dengan Universitas dari negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Thailand dan Brunei Darussalam. Pada tahun 2023 mendatang, Umri akan menjalin kerjasama dengan Mesir melalui Universitas Al-Azhar serta Uuniversitas lainnya di Benua Afrika.

Disela pelantikan, Umri menerima wakaf dari salah satu masyarakat yaitu Hj. Jumrotin yang mewakafkan sebidang tanahnya seluas 1600 meter persegi dengan taksiran nilai 1,7 milliar Rupiah. Uang tersebut nantinya akan digunakan untuk wakaf pembangunan Gedung Tajdid Center di kawasan Kampus Utama Universitas Muhammadiyah Riau.

Saat pelantikan, terlihat hadir Ketua PW Muhammadiyah Riau Dr H Abdul Wahid MUs, Mantan Sekdaprov Riau H. Ahmad Hijazi yang  yang kini bertugas di Badan Pembina Harian (BPH) Umri serta Direktur Utama Bank Riaukepri Syariah Dr Andi Buchari. Tampak pula Purna Tugas Dekan Umri yakni Edi Ismanto Purna Dekan FKIP, Harun Mukhtar Purna Dekan Fasilkom, Zul Azmi Purna Dekan FEB, Muhammad Syahrullah Purna Dekan FSI, Aksar Purna Dekan Fakultas Hukum, Juli Widianto Purna Dekan FMIPA & Kesehatan serta Yuhelson Purna Dekan Fakultas Tekhnik. Ketujuh Purna Tugas Dekan tersebut diberikan piagam penghargaan yang diserahkan langsung oleh Rektor Umri.