UMRI Terbaik Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Nasional XI

Lomba Inovasi Teknologi  Provinsi Riau tahun 2009 menghasilkan tiga peserta terbaik yang dipastikan akan menjadi utusan Riau pada Gelar Teknologi Tepat Guna (GTTG), demikian dikatakan Kepala Bidang TTG Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Desa (Bapemasbangdes) Riau, Hasrizal. Tiga peserta terbaik tersebut, Sunaryo, ST (Umri), Ir. Syawaldi, M.Sc (UIR) dan Agus Wijanto (PCR).

 

Pada lomba  Inovasi Teknologi  Provinsi Riau tahun 2009 Sunarto, ST perwakilan Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) dinobatkan sebagai  pemenang pertama dengan menghasilkan inovasi teknologi merangkai alat elektrik penyadap karet dengan sistem pengatur kedalaman serta sudut kemiringan penyayatan. Dengan inovasi tersebut, penyadap karet bisa melakukan pekerjaannya dalam waktu singkat.

Alat penyadap karet ini, dirangkai dari peralatan yang mudah didapat. Diantaranya motor listrik dan mata pisau dibuat dari gerindra. Lalu disambungkan kerangkain yang menjadi penyuplai listrik dari baterai. Batarei ini juga dirangkai dengan alat pen-Carghge otomatis. Menggunakan rangkaian penyuplai energi digendong dibelakang.

Kita berniat untuk mengembangkan alat ini dengan membuat kontrol alat dibagian depan agar penggunya lebih mudah, “ kata Sunaryo saat ekpos temuannya beberapa waktu lalu. (Humas)